Di era digital, mungkin Anda tidak lagi menggunakan kartu nama untuk mengenalkan diri atau usaha pada orang lain. Dengan kecanggihan teknologi dan informasi, Anda hanya perlu memberikan alamat pribadi ataupun perusahaan termasuk kontak usaha di website resmi. Namun, tahukah Anda bahwa sebuah kartu nama yang memberikan informasi profesional bisa menarik minat calon konsumen atau klien? Anda bisa mendapatkan calon konsumen atau klien potensial di mana saja, termasuk pada momen yang tidak berkaitan dengan bisnis. Tertarik mencoba peluang menarik ini?

Pengertian kartu nama profesional

Kartu nama bisa menjadi alat penting dalam menjalankan pekerjaan Anda baik personal branding pribadi atau perusahaan. Anda bisa menjadikan tools sederhana untuk mengenalkan diri dengan cara yang profesional. Kesan awal yang elegan dan berkelas bisa meningkatkan prestise Anda di depan calon konsumen atau klien yang potensial.

Dengan menggunakan kartu nama perusahaan yang memberikan informasi penting seperti nama usaha, bisnis yang dijalani bergerak di bidang spesifik, alamat kantor, nomor telepon yang bisa dihubungi, atau kontak layanan lain akan membantu calon konsumen atau klien. Apalagi Anda yang bisa memberikan logo perusahaan sebagai bagian penting yang akan membuat konsumen semakin percaya.

Pilih kartu nama digital atau konvensional

Pilih kartu nama digital atau konvensional

Pilih kartu nama digital atau konvensional?

Mungkin Anda bingung untuk menentukan mau fokus merancang desain kartu nama yang unik dan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa saja memutuskan untuk membuat kartu nama digital yang lebih relevan dengan perkembangan jaman. Tinggal cantumkan preferensi yang Anda mau sesuai kebutuhan dan berikan pada orang-orang yang mungkin potensial.

Meski kartu nama digital sangat mempengaruhi perkembangan pekerjaan atau bisnis Anda di era modern, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan keberadaan kartu konvensional. Abaikan orang-orang yang menganggap kartu nama terkesan ketinggalan jaman sebab Anda bisa saja membutuhkannya pada waktu yang mendesak. Alih-alih memegang ponsel ke mana saja, Anda bisa menemui sebagian orang yang tidak terikat ponsel setiap saat. Bisa jadi kartu nama unik Anda akan memberikan prospek cerah kemudian hari, bukan?

Memang dari segi manfaat, kartu nama digital dianggap lebih praktis, mudah digunakan, lebih hemat, dan ramah lingkungan. Jika Anda memiliki dana untuk promosi keahlian profesi profesional dan bisnis, maka sebaiknya cetak kartu nama konvensional dan miliki pula kartu nama virtual yang efisien. Kalau Anda bisa memanfaatkan dua media yang berbeda untuk meraih keuntungan maksimal, kenapa tidak?

Alasan Anda membutuhkan kartu nama konvensional

Buat Anda yang masih ragu untuk segera cetak kartu nama, maka sebaiknya segera mencari desain kartu nama yang paling cocok. Kenapa Anda harus segera membuat kartu nama dewasa ini? Berikut beberapa alasan penting kartu nama untuk meningkatkan branding diri dan bisnis yaitu :

1. Memberikan kemudahan bertukar informasi

Era digital merupakan masa yang bisa memudahkan Anda untuk memperluas jaringan hingga tingkat regional, bahkan internasional. Kebutuhan bertukar informasi bisa dilakukan lewat media sosial dan situs resmi yang menjadi branding personal atau perusahaan. Kalau Anda punya profesi tertentu, gunakan kartu nama untuk memudahkan pertukaran informasi dengan calon konsumen atau pihak yang menyewa jasa Anda.

Keberadaan kartu nama perusahaan juga penting untuk meningkatkan jaringan lebih luas dalam mencapai target penjualan lebih besar. Anda tidak tahu mengenai prospek penghasilan atau penjualan bisa didapatkan, bukan? Siapa tahu orang yang Anda temui saat mengobrol santai di pantai atau tempat tidak terduga, bisa menjadi salah satu calon konsumen yang memberikan keuntungan berlipat ganda.

2. Memberikan kesan profesional

Kartu nama yang unik akan memberikan kesan berbeda pada orang-orang yang menerimanya. Namun, pastikan Anda tetap memprioritaskan informasi penting yang tertera pada kartu nama tersebut agar bisa memberikan kesan profesional. Nantinya pihak supplier, investor, konsumen, dan lain-lain akan semakin percaya dengan kredibilitas Anda.

Jangan sampai Anda memberikan kartu nama yang kurang sesuai dengan layanan pada calon yang potensial. Kemungkinan Anda dianggap pribadi atau perusahaan yang kurang profesional bisa merusak peluang tender, bukan? Pastikan Anda mempercayakan layanan jasa pembuatan kartu nama yang keren pada ahlinya.

3. Sebagai media promosi paling praktis

Ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat, Anda butuh strategi promosi yang apik untuk meningkatkan kerja sama atau penjualan produk usaha. Gunakan media kartu nama yang sesuai dengan visi misi usaha untuk menarik calon konsumen atau investor. Ternyata desain kartu yang sesuai dengan karakter atau memiliki sesuatu yang keren bisa menjadi media promosi paling efektif.

Sejak pertama mendapatkan kartu nama dari perusahaan Anda, calon konsumen atau investor bisa terpesona. Pastikan Anda memilih template kartu nama yang bagus dan mendukung promosi lebih efektif, ya! Tak hanya menggunakan sarana digital saja, Anda tetap mempertimbangkan pasar yang tidak tersentuh digitalisasi dengan kartu nama ini. Dari ratusan juta masyarakat Indonesia, tentu masih ada peluang mendapatkan pangsa pasar yang tidak terduga tersebut.

4. Memberikan kesan positif pada produk

Branding merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam melakukan apa saja, termasuk perkenalan dengan calon konsumen atau investor profesional. Kartu nama yang unik dan lebih mudah diingat bisa membuat kesan pertama yang bagus. Tidak hanya sekadar memberikan informasi pribadi saja, Anda bisa memberikan kesan positif kepada calon pengguna produk.

Branding produk sangat menentukan kemajuan bisnis Anda kemudian hari, lho! Anda tidak perlu mencatat di ponsel atau membawa pena dan kertas ke mana-mana sebab punya alat bisnis yang potensial. Tinggal berikan kartu nama dari dompet Anda, maka potensi kerja sama bisnis dengan orang lain cukup besar.

5. Biaya relevan dengan kemajuan bisnis

Alasan Anda perlu membuat kartu nama perusahaan dalam waktu dekat adalah biaya yang terjangkau. Banyak orang yang mengeluhkan biaya pembuatan kartu nama konvensional lebih mahal dibandingkan kartu nama digital yang lebih praktis. Meskipun demikian, Anda bisa tetap membuat kartu nama konvensional dengan desain paling untuk yang bisa menyasar pasar tak kalah potensial.

Kemajuan bisnis Anda bisa meningkat lebih pesat meskipun Anda harus mengeluarkan biaya tertentu. Toh, harga pembuatan biaya kartu nama sangat murah di era modern dengan berbagai template menarik. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya promosi lebih murah untuk memesan kartu nama per 100 lembar, kok. Yakin tidak ingin meningkatkan omset usaha dua kali lipat berkat promosi yang lebih efektif?

Beberapa alasan mengenai pentingnya membuat kartu nama bisa menjadi referensi Anda yang ingin meningkatkan branding pribadi atau bisnis. Kesan profesional lewat kartu nama keren, kenapa tidak?

Tips membuat kartu nama yang bagus

Kartu nama perusahaan atau kartu nama pribadi masih relevan dengan perkembangan jaman yang terus go digital. Anda bisa memutuskan untuk membuat kartu nama cetak dan kartu nama digital untuk menarik peluang pasar. Keduanya punya andil dalam meningkatkan kemajuan bisnis Anda, kok. Supaya Anda tidak salah pilih dalam membuat desain kartu nama yang sesuai dengan kebutuhan, perhatikan beberapa poin penting berikut :

1. Berikan informasi penting

Seperti yang diketahui bersama bahwa ukuran kartu nama bervariasi, tetapi biasanya memiliki ukuran yang kecil. Meskipun memiliki ruang yang cukup terbatas, Anda harus memastikan bahwa desain kartu benar-benar bisa memberikan informasi paling penting pada konsumen atau investor.

Pilih berikan isian informasi yang sederhana saja, misalnya nama pemilik kartu, jabatan atau profesi, alamat kantor atau bisnis, dan kontak yang bisa dihubungi. Informasi yang sederhana saja sudah memenuhi kebutuhan para konsumen atau calon partner yang menerima kartu nama Anda tersebut. Untuk memberikan kesan profesional pada diri atau perusahaan, Anda bisa memberikan aksen logo perusahaan yang berkesan resmi.

2. Menggunakan jenis dan ukuran font yang jelas

Penting sekali untuk menggunakan jenis dan ukuran font yang mudah terbaca agar penerima kartu tidak mengalami kesulitan. Jangan memilih desain kartu nama yang berbeda demi memberikan kesan unik, tetapi Anda salah memilih font. Akibatnya penerima kartu tidak bisa mendapatkan informasi yang jelas sesuai tujuan Anda mencetak kartu nama tersebut.

3. Tidak memilih desain yang berlebihan

Anda ingin mencetak kartu nama yang terlihat berbeda, unik atau keren, tetapi salah memilih desain yang terlalu penuh. Desain yang terlalu penuh bisa membuat kesan profesionalis Anda hilang begitu saja. Kartu nama terlalu ramai untuk diberikan kepada orang lain yang menjadi pangsa pasar potensial Anda, lho! Berbeda dengan kartu nama pribadi yang banyak digunakan sebagai media ekspresi anak muda, Anda bebas membuat kartu nama sesuai dengan keinginan.

4. Memilih desain yang memiliki orientasi

Anda punya desain kartu nama yang bisa menggambarkan profesionalisme sebagai pekerja terampil, sah-sah saja. Pastikan saja Anda memilih template kartu nama cocok dengan orientasi audiens pekerjaan tersebut. Jika Anda punya bisnis lain yang perlu dikembangkan lebih pesat, maka miliki kartu nama yang berbeda. Anda bisa membuat contoh kartu nama perusahaan yang memiliki orientasi audiens bisnis tersebut.

5. Mengetahui bahan terbaik untuk kartu nama

Finishing sangat penting dalam mencetak kartu nama diri atau perusahaan yang minor kesalahan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli terkait penciptaan desain kartu yang berkualitas. Meski terdengar remeh, kartu nama adalah alat Anda untuk memikat orang-orang yang bisa berkontribusi dalam kemajuan bisnis.

Penting sekali untuk mengecek bahan terbaik dalam pembuatan kartu nama Anda, ya! Setelah Anda menyelesaikan desain dan background kartu nama, maka tanyakan tentang material kartu tersebut. Ada beberapa jenis material yang acap digunakan dalam pembuatan kartu nama antara lain jenis kertas yang digunakan, pen holder atau penjepit kayu untuk model kartu nama lipat dan lain-lain.

Di pasaran sendiri, Anda bisa memilih jenis kartu yang bisa digunakan untuk media mencetak kartu nama. Berikut beberapa rekomendasi material kartu yang bisa Anda gunakan untuk kartu nama yaitu :

  • Art paper

Kelebihan art paper lebih mengkilap, licin, halus, dan memiliki ketebalan kertas 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, serta 150 gram. Kekurangan material art paper adalah memiliki penyerapan pada cairan lebih lambat dan lebih mudah kotor.

  • Art carton

Merupakan jenis material hampir sama dengan art paper dengan ketebalan mulai 190 gram sampai 400 gram. Permukaan yang mengkilap akan semakin bagus saat dilaminasi atau permukaan doff.

  • Blues White

Biasanya bahan kertas kartu nama paling murah sebab memiliki ketebalan yang hampir sama dengan kertas manila biasa. Tekstur kertas cukup kaku dan hanya bisa didesain kartu nama pada salah satu permukaan saja.

  • Mohawk Option

Merupakan bahan daur ulang yang paling sering digunakan untuk kartu nama cetak bolak-balik. Harga yang terjangkau membuat kartu nama dari bahan ini lumayan digemari banyak kalangan.

  • Linen Jepang

Merupakan material yang memiliki ketebalan cukup baik atau biasa digunakan untuk material pembuatan piagam dan sertifikat. Linen Jepang yang terlihat lebih berkualitas acap digunakan sebagai material favorit kartu nama perusahaan.

  • Splendorgel

Adalah material kartu nama yang memiliki tekstur kaku, lebih tebal, halus, dan bisa dicetak dengan doff warna yang cantik. Sangat direkomendasikan untuk kartu nama Anda pribadi atau perusahaan profesional. Anda bisa memberikan kesan pertama yang menarik kepada para penerima lewat material dan desain kartu splendorgel ini.

6. Mengetahui harga kartu nama sesuai dengan anggaran perusahaan

Perusahaan Anda masih skala kecil atau kelas menengah tetapi ingin memberikan kesan profesional yang bagus di mata konsumen dan pihak berkaitan, kenapa tidak? Anda bisa membuat kartu nama terbaik dengan harga yang lebih murah, kok. Di era digital, kemudahan memilih jasa percetakan kartu nama yang menjamin mutu dengan harga sesuai kantong sangat banyak.

Anda bisa membuat kartu nama dalam jumlah ratusan sesuai dengan kebutuhan saja. Biasanya pihak percetakan akan memberikan harga mulai belasan ribu per seratus kartu nama. Tentu Anda yang menginginkan kualitas kartu nama perusahaan dari desain, ukuran dan material yang digunakan, bisa memilih harga yang lebih kompetitif. Namun, pastikan saja bahwa biaya pembuatan kartu nama sesuai dengan anggaran promosi dan marketing perusahaan Anda, ya!

7. Memilih jasa layanan percetakan terbaik

Setelah Anda sudah mengetahui tips penting dalam membuat kartu nama yang cocok dengan profesi atau bisnis, maka riset tentang jasa layanan percetakan terbaik di sekitar. Jasa percetakan yang memiliki ahli desain grafis akan memudahkan dalam mewujudkan kartu nama sesuai dengan impian Anda. Setidaknya ahli akan memberikan saran terbaik terkait pembuatan kartu nama yang sesuai dengan orientasi pekerjaan atau perusahaan.

Selain itu, jasa layanan percetakan yang kredibel akan memberikan jaminan kualitas yang mumpuni. Kartu nama yang dicetak di atas material terbaik akan mudah dibaca, warna jelas, tidak blur, dan lebih tahan lama. Setidaknya Anda bisa lebih puas dalam memberikan kartu nama pada orang yang potensial dengan rasa percaya diri tinggi.

Anda dapat mengonsultasikan tentang layanan cetak kartu nama tersebut di https://kertajayagrafika.com/corporate/

Kontak kertajayagrafika

Beberapa tips penting dalam memilih dan membuat kartu nama perusahaan sangat penting Anda perhatikan, ya! Kartu nama masih relevan digunakan untuk menunjukkan eksistensi sekaligus profesionalisme di mata penerima kartu. Anda punya kesempatan mengembangkan bisnis atau mendapatkan job sesuai keahlian yang tercantum pada kartu nama.

Segera buat desain kartu nama pribadi atau perusahaan yang menjadi branding! Anda bisa meningkatkan branding perusahaan lewat konten menarik di situs digital lengkap portofolio, tetapi bisa mendapatkan peluang dari potensi pasar yang tidak bisa diraih cara digital. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan klien atau prospek potensial saat berlibur, bepergian atau di mana saja. Yuk, praktikkan cara membuat contoh kartu nama pribadi atau perusahaan di atas!